LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini
diperiksa dan disahkan
Pada tanggal
12 Mei 2015
Pembimbing Praktek
Saban
Mengetahui :
Pimpinan Perusahaan
ASAKOM CARITA
Kabupaten Pandeglang
Anang
Pangestu
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini
diperiksa dan disahkan
Pada tanggal
12 Mei 2015
Ketua Program
Keahlian Pembimbing
Teknik Komputer Jaringan
Muhamad Abduh, S.Kom Ismatur Rodiah, M.Pd
Mengetahui/Menyetujui
Kepala
SMK Negeri 9 Pandeglang
Alwi, S.Pd
NIP.
19550807 198203 1017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Laporan
Praktek Kerja Lapangan di ASAKOM CARITA. Tujuan dari penyusunan Laporan Praktek
Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Ujian
Nasional (UN) di SMK Negeri 9 Pandeglang Tahun Pelajaran 2014/2015. Laporan ini
disusun berdasarkan data yang sesungguhnya yang penulis dapatkan selama
melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di ASAKOM CARITA Kabupaten
Pandeglang.
Penulis menyadari bahwa, dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja
Lapangan (PKL) ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu,
pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1. Bapak Alwi,
S.Pd, selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Pandeglang.
2. Bapak Siswanto
Tirto Asmoyo, S.E, selaku Ketua Pelaksana Prakerin.
3. Bapak
Muhamad Abduh, S.Kom, selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer Jaringan.
4. Ibu Ismatur Rodiah,
M.Pd, selaku pembimbing dari SMK Negeri 9 Pandeglang.
5. Bapak Anang
Pangestu, selaku Kepala Perusahaan ASAKOM CARITA Kabupaten Pandeglang.
6. Bapak Saban,
selaku pembimbing dari ASAKOM CARITA Kabupaten Pandeglang
7. Seluruh staf
dan karyawan yang telah menerima, membantu dan memberikan bimbingan selama
kegiatan Praktek Kerja Lapangan berlangsung yang tidak dapat disebutkan satu
persatu.
8. Kedua orang
tua dan saudara saya yang telah mendukung dan memberikan do’a restu.
9. Pihak-pihak
yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, atas dukungan dan do’a restu yang
berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Penulis menyadari bahwa, penyusunan laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Harapan
dari penulis semoga laporan yang memuat pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan
selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi
SMK Negeri 9 Pandeglang.
Pandeglang, 12
Mei 2015
DAFTAR
ISI
LEMBAR
PENGESAHAN PERUSAHAAN................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN SEKOLAH........................................................................... ii
KATA
PENGANTAR........................................................................................................ iii
DAFTAR
ISI...................................................................................................................... iv
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang........................................................................................................ 1
1.2
Tujuan Praktek Kerja Lapangan.............................................................................. 1
1.3
Sasaran Pokok Praktek Kerja Lapangan.................................................................. 2
1.4
Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja
Lapangan............................................. 2
1.5
Metode Pengumpulan Data..................................................................................... 2
1.6
Sistematika Penulisan Laporan Praktek
Kerja Lapangan........................................ 3
BAB
II PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
2.1
Gambaran Umum Perusahaan/Instansi.................................................................... 4
2.1.1
Sejarah ASAKOM CARITA......................................................................... 4
2.2
Keorganisasian......................................................................................................... 5
2.3
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktek
Kerja Lapangan...................................... 6
2.4
Kompetensi Yang Diajarkan................................................................................... 6
2.4.1
Instalasi Sistem Operasi............................................................................... 6
2.4.2
Instalasi Driver............................................................................................ 7
2.4.3
Perakitan...................................................................................................... 7
2.4.4
Mendiagnosis............................................................................................... 8
2.4.5
Pelayanan/Jasa............................................................................................. 8
2.5
Pembahasan PKL.................................................................................................... 8
2.5.1
Prosedur Pekerjaan......................................................................................... 8
2.6
Masalah Yang Dihadapi Dan Penanganan
Masalah................................................ 9
2.6.1
Masalah Yang Di Hadapi............................................................................ 9
2.6.2
Penanganan Masalah................................................................................... 9
BAB
III PENUTUP
3.1
Kesimpulan.............................................................................................................. 10
3.2
Saran........................................................................................................................ 10
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Identitas
Perusahaan................................................................................................ 12
Identitas
Siswa PKL............................................................................................... 13
Dokumentasi............................................................................................................ 14
Jurnal
Kegiatan Siswa Tempat Praktek................................................................... 15
BAB I
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang Praktek Kerja
Lapangan
Setiap siswa
lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja, karena
lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak Dunia Usaha/Industri. Oleh karena
itu, perlu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan
melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) agar setiap siswa lulusan SMK
mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki Dunia Usaha tersebut
secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai
dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan,
pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan
sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi
pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang
profesional, karena profesionalisme seseorang tidak semata-mata diukur oleh
penguasaan unsur pengetahuan dan teknik kerja, tetapi harus dilengkapi dengan
penguasaan bekerja yang baik. Ada dua pihak yaitu Lembaga Pendidikan dan
Lapangan Pekerja (Industri/Perusahaan atau Instansi tertentu) yang secara
bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian,
kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap
perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan
kelulusan siswa.
1.2Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Praktek Kerja
Lapangan (PKL) suatu sistem pembelajaran yang dilakukan diluar Proses Belajar
Mengajar dan dilaksanakan pada Perusahaan/Industri atau Instansi yang relevan.
Secara umum,
pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bertujuan untuk meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi, penyesuaian diri dengan
situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang
berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa melaksanakan program Praktek
Kerja Lapangan (PKL) secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang
mencakup tinjauan tentang Perusahaan/Instansi dan kegiatan-kegiatan praktek
lainnya yang berhubungan langsung dengan teknologi dan mempersiapkan siswa
untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan
potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
Penyelenggaraan Praktek Kerja
Lapangan (PKL) pada SMK bertujuan untuk :
a. Menghasilkan
tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat
pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan
pekerjaan;
b. Memperoleh
link dan match antara SMK dan dunia kerja;
c. Meningkatkan
efektivitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas;
d. Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
1.3Sasaran Pokok Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Melihat
kenyataan tersebut, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan menetapkan strategi
operasional yang berdasarkan pada kebijakan “link dan match“ (kesesuaian dan
kesepadanan) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam model penyelenggaraan
program Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Pelaksanaan program ini sesuai dengan
ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1990 tentang Pendidikan
Menengah, Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 1992 tentang Peran Serta
Masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Kepmendikbud Nomor : 080/U/1992 tentang Sekolah
Menengah Kejuruan dan Kepmendikbud Nomor : 080/U/1993 tentang Kurikulum SMK.
1.4Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Tujuan dari
pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani,
bertanggung jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan
dilapangan dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa
adalah hasil kegiatan selama melaksanakan PKL. Tujuan dari pembuatan laporan
ini antara lain adalah :
a. Untuk
mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL);
b. Sebagai
pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan sekolah kepada para siswa
sehubung dengan pelaksanaan PKL;
c. Menambah
perbendaharaan perpustakaan sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan
selanjutnya;
d. Sebagai
latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan;
e. Sebagai
bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang dilakukan di Dunia
Usaha/Industri atau Instansi;
f.
Sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN).
1.5Metode Pengumpulan Data
Metode untuk
mendapatkan data-data dibutuhkan dalam penyusunan laporan ini dengan mengambil
metode wawancara.
Metode ini
merupakan metode yang paling efektif dalam mengumpulkan data-data yang
diperlukan. Dengan metode ini, penulis dapat secara langsung melakukan
wawancara dengan pembimbing dan pegawai. Data-data yang diperoleh dengan metode
ini antara lain :
a. Gambaran
umum Perusahaan/Intansi;
b. Struktur Organisasi
Perusahaan/Instansi;
c. Bidang Usaha/Lingkup
Pekerjaan;
d. Inventarisasi
tentang sarana dan prasarana pendukung kegiatan ditempat PKL.
1.6Sistematika Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Sistematika
penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini terdiri dari 3 (tiga) BAB
dengan perincian sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan
BAB ini akan
membahas Latar Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Tujuan Praktek
Kerja Lapangan (PKL), Sasaran Pokok Praktek Kerja Lapangan (PKL), Tujuan
Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Metode Pengumpulan Data dan
Sistematika Punilsan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
BAB II : Pelaksanaan Praktek Kerja
Lapangan (PKL)
Pada BAB ini
membahas gambaran umum ASAKOM CARITA Kabupaten Pandeglang, Waktu dan Tempat pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan (PKL), Kompetensi yang di ajarkan, Pembahasan PKL dan Masalah
yang dihadapi serta penanganan masalah.
BAB III : Penutup
BAB ini
berisikan tentang Kesimpulan dan Saran selama pelaksanaan Praktek Kerja
Lapangan (PKL) ini.
BAB II
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
(PKL)
2.1Gambaran umum ASAKOM CARITA
2.1.1
Sejarah
ASAKOM CARITA
Pada
awalnya ASAKOM di dirikan di kota Tanggerang pada tahun 2006, dalam perjalanan
waktu tepatnya pada bulan April tahun 2007, terjadilah transaksi pembelian rumah/toko
meubel yang kemudian tinggal disana dan merintis usaha dari awal.
ASAKOM
sendiri baru beroperasi pada bulan Agustus pada tahun yang sama yaitu
tahun 2007, dengan jadwal toko yang terbilang langka yaitu buka 3 hari
perminggu (jum’at, sabtu, minggu) dan libur 4 hari, (senin, selasa, rabu, dan
kamis). Dan ini berjalan kurang lebih dari satu tahun pada tahun 2009 ASAKOM
mulai buka 4 hari dan libur 3 hari dalam seminggu, dan terakhir pada
tahun 2010 bulan Januari sampai sekarang ASAKOM buka setiap hari dan jum’at
libur.
ASAKOM
CARITA adalah sebuah toko kecil dengan menjual berbagai jenis kebutuhan seperti
komputer, prabot rumah tangga, pakaian, kue dan tanaman hias. Yang pada
akhirnya hanya melayani komputer, laptop, asesoris dan prabot rumah tangga (Asaglas).
ASAKOM
CARITA terbentuk dari usaha sederhana sepasang suami istri yang mencoba mandiri
dengan konsep melayani dengan hati jujur dan apa adanya. Dan ini bukan
tanpa rintangan dan tantangan yang mudah dilalui.
ASAKOM
CARITA berasal dari sebuah nama yang tergabungan dari nama suami istri yang
berarti ASA ( Anang/Anggi dan Sayang) Anang Sayang Anggi ataupun Anggi
Sayang Anang dan Kom itu sendiri berarti Komputer/Kompak. Dengan moto ini
diharapkan menjadi kekuatan dan semangat yang selalu menjadi warna dalam usaha
kecilnya.
2.2Keorganisasian
BAGAN STRUKTUR ORGANISASI
ASAKOM
CARITA
Pimpinan
Anang
Pangestu
|
Pendataan
|
Penjualan
|
Servis
|
Wiwin
Nining
|
Mastiah
Purwati
Saeful
Fitri
|
Proyektor
Hadi
|
Software
Saban
|
Laptop/Printer
Deden
Rasad
|
2.3Waktu
dan Tempat pelaksanaan
Praktek
Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan selama 2 (dua) bulan yang dimulai pada
tanggal 16 Maret 2015 dan berakhir pada tanggal 12 Mei 2015 bertempat di ASAKOM
CARITA (Jl.Raya Carita Km.7 Carita – Pandeglang – Banten).
Hari
kerja praktek dari hari Senin sampai Minggu terkecuali hari Jum’at libur dengan
jam praktek dimulai pada pukul 08.00 WIB s/d 16.30 WIB kecuali hari Kamis
sampai dengan pukul 13.00 WIB. Waktu istirahat mulai pukul 11.00 WIB s/d 12.00
WIB atau 12.00 WIB s/d 13.00 WIB setiap harinya.
2.4Kompetensi
yang diajarkan
Adapun
kompetensi yang diajarkan di ASAKOM CARITA adalah sebagai berikut :
2.4.1
Instalasi
Sistem Operasi
Instalasi
Windows XP,Instalasi Windows 7 dan Instalasi Windows 8.
Salah
satu contoh langkah-langkah dalam menginstal windows 7 yaitu sebagai berikut :
a. Sediakan
bahan dan alat untuk melakukan instalasi khususnya PC/Laptop dan DVD Masternya;
b. Hidupkan
PC/Laptopnya, lalu masukan DVD Master ke DVD ROM;
c. Sebelum
dalam proses intalasi lakukan setting BIOS dengan menekan F2;
d. Jika
sudah masuk ke menu BIOS setting bootingnya;
e. Booting
pertama itu adalah DVD ROM, booting kedua adalah Harddisk, dan booting ketiga
itu boleh Disable atau pilih Floppy;
f.
Jika
sudah melakukan setting booting tekan F10, lalu enter;
g. Jika
dalam tampilan layar monitor terdapat perintah “Press Any Key” maka tekan
tombol sembarang/tombol apapun pada keyboard;
h. Kemudian
sistem akan membaca DVDnya;
i.
Pada
tampilan windows, tekan “Instal now”;
j.
Pada
tampilan berikutnya terdapat pemilihan bahasa, zona waktu, dan papan pengetikan
keyboard, pilih next jika sudah ditentukan;
k. Jika
dalam suatu tampilan terdapat pemilihan Sistem Operasinya, maka pilih Sistem
Operasi apa yang kita pakai di saat penginstalan tersebut. Contoh jika
menggunakan DVD Masternya Windows 7 Pro
32-bit, maka pilih yang Windows 7 Pro 32-bit juga, begitupun yang lainnya;
l.
Jika
sudah ditentukan, lalu tekan next. Kemudian akan muncul pembagian partisi;
m. Jika
PC/Laptopnya masih baru maka hapus semua partisinya dan jika sudah pernah dipakai
atau terdapat data-data, format local C: (sistem) saja, dengan syarat data yang
terdapat pada sistem sudah di back up ke local D: (data);
n. Jika
baru membuat partisi, usahakan semua localnya di format terlebih dahulu agar
dalam penyalinan data tidak terganggu (lambat);
o. Jika
semua sudah di format maka pilih next. Tunggu sampai proses penyalinan data
selesai;
p. Jika
proses sudah selesai tunggu saja sampai program merestart sendiri dan akan
menampilkan tampilan layar desktop windows 7;
q. Jika
sudah tampil maka proses instalasi selesai hanya tinggal menginstal
aplikasi-aplikasinya saja.
2.4.2
Instalasi
Driver
Instalasi Driver CPU, Instalasi Driver Laptop/Notebook
dan Instalasi Driver Printer.
Salah
satu contoh langkah-langkah menginstal driver pada PC/Laptop/Notebook adalah
sebagai berikut :
a. Pertama
sediakan dulu aplikasi Driver Packnya;
b. Lalu
instal aplikasi tersebut. Jika sudah terinstal di PC/Laptop/Notebook, maka buka
aplikasi Driver Pack itu;
c. Jika
sudah buka, Driver Pack akan secara otomatis mengscan driver apa saja yang
belum terinstal pada PC/Laptop/Notebook tersebut;
d. Pilih
instal, lalu pilihlah driver apa saja yang ingin di instal;
e. Jika
sudah di pilih, hapus centang yang “membuat restore point”;
f.
Klik
mulai pemasangan. Kemudian tunggu sampai proses pemasangan selesai;
g. Jika
sudah selesai, restart PC/Laptop/Notebooknya;
h. Jika
sudah merestart cek drivernya dengan cara :
1) Klik
start;
2) Pilih
my computer/computer;
3) Klik
kanan pada my computer/computer;
4) Lalu
pilih properties;
5) Pilih
device manager. Jika dalam windows xp terdapat di menu hardware;
6) Kemudian
akan muncul tampilannya;
7) Jika
dalam tampilan terdapat yang bertanda seru (!) atau tanda tanya (?) berarti
drivernya belum terinstal. Jika tidak ada berarti drivernya sudah terinstal
semuanya.
2.4.3
Perakitan
Merakit CPU, Merakit Proyektor dan
Merakit Printer.
Salah
satu contoh cara Merakit CPU adalah sebagai berikut :
a. Sediakan
alat dan bahan yang diperlukan dalam merakit CPU terutama obeng (-) dan obeng
(+);
b. Buka
penutup cashing CPU, lalu cabut semua kabel power yang terpasang pada
komponen-komponen PC;
c. Sisihkan
dulu kabelnya agar dalam pelepasan motherboard tidak sulit;
d. Buka
baud pengencang Harddisk, lalu lepaskan dari cashing CPU;
e. Kemudian
buka baud motherboard, lalu lepaskan
dari cashing CPU;
f.
Jika
harddisk dan motherboard sudah terlepas dari CPU, maka buka baud pada power
supply, lalu lepaskan dari cashing CPU;
g. Lalu
buka CD/DVD ROM dari depan cashing;
h. Jika
semuanya sudah dilepas maka pembongkaran selesai;
i.
Hal
yang pertama dimasukan itu power supply terlebih dahulu;
j.
Masukan
power supply, lalu kencangkan baud power supplynya;
k. Kemudian
pasang CD/DVD ROM dari depan cashing juga;
l.
Kemudian
pasang motherboardnya dengan hati-hati. Jika tidak ingin sulit memasangkan
kabel panel pada motherboard, sebelum dipasang, pasangkan terlebih dahulu kabel
panel tersebut ke motherboard. Kemudian baru pasang ke CPU;
m. Kencangkan
motherboard dengan baud. Kemudian pasang harddisk dengan hati-hati, lalu
kencangkan dengan baud;
n. Pasang
semua kabel power pada komponen-komponen PC;
o. Lalu
test terlebih dahulu apa perakitan CPUnya berhasil atau tidak;
p. Jika
sudah berhasil, baru tutup cashingnya dengan penutup cashing kemudian
kencangkan dengan baud, selesai.
2.4.4
Mendiagnosis
Mendiagnosis Motherboard, Mendiagnosis
CPU, Mendiagnosis Proyektor, Mendiagnosis Laptop/Notebook dan Mendiagnosis
Printer.
2.4.5
Pelayanan/Jasa
Melayani
konsumen dan penjualan.
2.5Pembahasan
PKL
2.5.1
Prosedur
pekerjaan
Ø Menginstal
sistem operasi
Ø Menginstal
driver
Ø Mendiagnosis
Ø Merakit
Ø Pelayanan/Jasa
2.6Masalah
yang dihadapi dan Penanganan masalah
2.6.1
Masalah
yang dihadapi
Dalam
pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di ASAKOM CARITA penulis menemukan
beberapa masalah yang dihadapi, diantaranya :
a. Ketidaksamaan
antara teori yang diajarkan di sekolah dengan teori yang diterapkan di ASAKOM
CARITA;
b. Adanya
teori/praktek yang belum diberikan di sekolah;
c. Penggunaan
sarana dan prasarana yang belum dikenal.
2.6.2
Penanganan
masalah
Penanganan masalah-masalah tersebut
diatasi dengan meminta penjelasan dan petunjuk terhadap instruktur atau pegawai
yang menangani bidang tersebut, sehingga masalah demi masalah yang dihadapi
penulis dapat terselesaikan dengan baik.
BAB III
PENUTUP
3.1Kesimpulan
a. Kegiatan
PKL yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi siswa-siswi khususnya siswa-siswi
SMK Negeri 9 Pandeglang karena dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
siswa-siswi dituntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi
dengan orang lain, sehingga siswa-siswi diharapkan
dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
b. Praktek
Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan diluar jam sekolah yaitu bekerja sama
atau mengabdi terhadap Instansi Pemerintah, sehingga siswa-siswi mampu bergaul
dan bekerja sama dengan orang diluar lingkungan sekolahnya.
c. Praktek
Kerja Lapangan (PKL) dapat menunjang siswa-siswi untuk menjadi tenaga kerja
menengah yang profesional dalam bidangnya dan mampu memenuhi pasar nasional
atau bahkan internasional. Dengan begitu, lulusan SMK akan mempunyai sikap dan
bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkannya
setelah terjun di Dunia Usaha Kerja.
d. Mengenai
tempat praktek, sarana dan prasarana yang ada di ASAKOM CARITA cukup memadai
bagi para pegawai dan para pelaksana prakerin sehingga dapat melaksanakan tugas
dengan baik.
3.2Saran
a. Bagi
sekolah
§ Dalam
pembelajaran, teori-teori/praktek yang diberikan kepada siswa-siswi harus sama
atau searah dengan apa yang diterapkan di Perusahaan/Instansi sehingga siswa-siswi
dapat mengerjakan tugas ditempat praktek dengan mudah, khususnya dalam sarana
dan prasarananya harus segera dilengkapi.
b. Bagi
perusahaan tempat praktek
§ Pembekelan
teori-teori yang mungkin belum tersampaikan di sekolah agar dijelaskan dengan seksama
agar Siswa/Siswi dapat membantu kelancaran tugas atau pekerjaannya.
Demikian
laporan Praktek Kerja Lapangan ini penulis sampaikan, semoga dapat bermanfaat
bagi pembaca sekalian, khususnya siswa-siswi SMK Negeri 9 Pandeglang.
Identitas
Dunia Usaha/Industri/Lembaga
1.
Nama Perusahaan/Industry/Lembaga :
ASAKOM CARITA
2.
Jenis Usaha/Bidang Usaha : Penjualan komputer, laptop,
dll.
3.
Alamat :
Jl.Raya Carita km.7 Carita-Labuan
Telp.
087880908900
Kec. Carita
Kab./Kota
Pandeglang
4.
Nama Pimpinan/Direktur :
Anang Pangestu
5.
Nama Pembimbing DU/DI :
Saban
Identitas
Siswa PKL
1. Nama
Siswa : Munir
2. Nomor
Induk : 2013040053
3. Program
Keahlian : Teknik Komputer
Jaringan
4. Tempat
Tanggal Lahir : Pandeglang, 23
Maret 1997
5. Kelas/Tingkat : XI (Sebelas)
6. Jenis
Kelamin :
Laki-laki
7. Golongan
Darah : -
8. Alamat : Kp.Angsana
RT. 06 RW. 02 Telp. 087741138657
Ds/Kel
Rahayu
Kec.
Patia
Kab/Kota
Pandeglang
9. Catatan
Kesehatan : -
Dokumentasi
JURNAL KEGIATAN SISWA
TEMPAT PRAKTEK/UNIT/BAGIAN
A.
Jurnal
kegiatan Munir
NO
|
HARI/TANGGAL
|
DEVINISI/BAG/TEMPAT
KEG
|
LAPORAN
KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Senin
16-03-2015
|
Service
|
a.
Perkenalan dengan Karyawan
b.
Instal driver
c.
Instal windows xp
d.
Instal windows 7
|
|
2
|
Selasa
17-03-2015
|
Asaglas
|
a.
Melayani konsumen
b.
Penjualan
c.
Diskusi
|
|
3
|
Rabu
18-03-2015
|
Asaglas
|
a.
Penjualan
b.
Melayani konsumen
|
|
4
|
Kamis
19-03-2015
|
Asaglas
|
a.
Penjualan
b.
Melayani konsumen
|
|
5
|
Jum’at
20-03-2015
|
-
|
-
|
Libur
|
6
|
Sabtu
21-03-2015
|
Service
|
a.
Instal driver
b.
Instal windows 7
c.
Instal aplikasi
d.
Mendiagnosis CPU
|
|
7
|
Minggu
22-03-2015
|
Service
|
-
|
Izin
|
8
|
Senin
23-03-2015
|
Service
|
a.
Instal driver
b.
Instal aplikasi
c.
Instal windows xp
d.
Instal windows 7
e.
Mendiagnosis
|
|
9
|
Selasa
24-03-2015
|
Service
|
a.
Instal windows 8
b.
Instal windows 7
c.
Instal aplikasi
d.
Instal driver
e.
Mendiagnosis
|
|
10
|
Rabu
25-03-2015
|
Service
|
-
|
Izin
|
11
|
Kamis
26-03-2015
|
Service
|
a.
Mendiagnosis
b.
Instal aplikasi
c.
Instal windows 7
d.
Instal windows 8
e.
Instal driver
|
|
12
|
Jum’at
27-03-2015
|
-
|
-
|
Libur
|
13
|
Sabtu
28-03-2015
|
Bunda
Agi
|
a.
Membawa dan merapikan barang-barang
baru
b.
Penjualan
c.
Melayani konsumen
|
|
14
|
Minggu
29-03-2015
|
Bunda
Agi
|
a.
Merapikan barang-barang
b.
Menulis harga dan kode barang
c.
Penjualan
d.
Melayani konsumen
|
|
15
|
Senin
30-03-2015
|
Bunda
Agi
|
a.
Menulis harga dan kode barang
b.
Penjualan
c.
Melayani konsumen
|
|
16
|
Selasa
31-03-2015
|
Bunda
Agi
|
a.
Penjualan
b.
Melayani konsumen
|
|
17
|
Rabu
01-04-2015
|
Bunda
Agi
|
a.
Penjualan
b.
Melayani konsumen
|
|
18
|
Kamis
02-04-2015
|
Bunda
Agi
|
a.
Penjualan
b.
Melayani konsumen
|
|
19
|
Jum’at
03-04-2015
|
-
|
-
|
Libur
|
20
|
Sabtu
04-04-2015
|
Bongkar
|
a.
Merakit proyektor
b.
Service proyektor
|
|
21
|
Minggu
05-04-2015
|
Bongkar
|
a.
Merakit proyektor
b.
Service proyekor
|
|
22
|
Senin
06-04-2015
|
Bongkar
|
a.
Merakit proyektor
b.
Merakit CPU
|
|
23
|
Selasa
07-04-2015
|
Bongkar
|
a.
Service motherboard
b.
Merakit proyektor
c.
Mensolder
|
|
24
|
Rabu
08-04-2015
|
Bongkar
|
a.
Merakit proyektor
b.
Mensolder
c.
Mendiagnosis proyektor
d.
Mendiagnosis CPU
|
|
25
|
Kamis
09-04-2015
|
Bongkar
|
a.
Merakit proyektor
|
|
26
|
Jum’at
10-04-2015
|
-
|
-
|
Libur
|
27
|
Sabtu
11-04-2015
|
Service
|
a.
Merakit CPU
b.
Instal windows xp
c.
Instal driver
d.
Instal windows 8
|
|
28
|
Minggu
12-04-2015
|
Service
|
a.
Mendiagnosis CPU
b.
Instal windows 7
c.
Instal aplikasi
|
|
29
|
Senin
13-04-2015
|
Service
|
a.
Mendiagnosis CPU
|
|
30
|
Selasa
14-04-2015
|
Service
|
a.
Mendiagnosis CPU
b.
Instal aplikasi
c.
Instal driver modem
|
|
31
|
Rabu
15-04-2015
|
Service
|
a.
Instal windows 8
b.
Instal aplikasi
c.
Menulis nota barang
|
|
32
|
Kamis
16-04-2015
|
Service
|
a.
Mendiagnosis CPU
b.
Melayani konsumen
c.
Menulis harga barang
|
|
33
|
Jum’at
17-04-2015
|
-
|
-
|
Libur
|
34
|
Sabtu
18-04-2015
|
Penjualan
|
a.
Melayani konsumen
b.
Instal Microsoft Office 2007
|
|
35
|
Minggu
19-04-2015
|
Penjualan
|
a.
Melayani konsumen
b.
Instal aplikasi
c.
Instal modem
|
|
36
|
Senin
20-04-2015
|
Penjualan
|
a.
Melayani konsumen
b.
Penjualan
|
|
37
|
Selasa
21-04-2015
|
Penjualan
|
a.
Melayani konsumen
b.
Menyampaikan tips pemakaian modem
pada konsumen
c.
Membuat kabel straight
d.
Mensetting modem
|
|
38
|
Rabu
22-04-2015
|
Penjualan
|
a.
Melayani konsumen
b.
Mempacking barang
c.
Membuat nota
|
|
39
|
Kamis
23-04-2015
|
Penjualan
|
a.
Membuat nota
b.
Melayani konsumen
|
|
40
|
Jum’at
24-04-2015
|
-
|
-
|
Libur
|
41
|
Sabtu
25-04-2015
|
Asaglas
|
-
|
Banjir
|
42
|
Minggu
26-04-2015
|
Asaglas
|
-
|
Banjir
|
43
|
Senin
27-04-2015
|
Asaglas
|
a.
Melayani konsumen
b.
Penjualan
|
|
44
|
Selasa
28-04-2015
|
Asaglas
|
a.
Melayani konsumen
b.
Penjualan
c.
Instal antivirus
|
|
45
|
Rabu
29-04-2015
|
Asaglas
|
a.
Melayani konsumen
b.
Penjualan
|
|
46
|
Kamis
30-04-2015
|
Asaglas
|
a.
Mempacking parsel
b.
Melayani konsumen
|
|
47
|
Jum’at
01-05-2015
|
-
|
-
|
Libur
|
48
|
Sabtu
02-05-2015
|
Bongkar
|
a.
Merakit CPU
b.
Mendiagnosis CPU
c.
Mendiagnosis motherboard
|
|
49
|
Minggu
03-05-2015
|
Bongkar
|
a.
Merakit proyektor
b.
Merakit CPU
c.
Mendiagnosis CPU
d.
Mendiagnosis power supply
|
|
50
|
Senin
04-05-2015
|
Bongkar
|
a.
Merakit CPU
b.
Mengecek CMOS
c.
Pengecekan proyektor
d.
Membongkar power supply
|
|
51
|
Selasa
05-05-2015
|
Bongkar
|
a.
Mendiagnosis motherboard
b.
Merakit CPU Dial-Up
c.
Mendiagnosis CPU
d.
Merakit CPU
|
|
52
|
Rabu
06-05-2015
|
Bongkar
|
a.
Mendiagnosis motherboard
b.
Instal windows 7
|
|
53
|
Kamis
07-05-2015
|
Bongkar
|
a.
Pengecekan proyektor
b.
Merakit proyektor
c.
Melayani konsumen
|
|
54
|
Jumat
08-05-2015
|
-
|
-
|
Libur
|
55
|
Sabtu
09-05-2015
|
Penjualan
|
a.
Melayani konsumen
b.
Instal driver printer
c.
Setting modem
|
|
56
|
Minggu
10-05-2015
|
Penjualan
|
a.
Instal windows 7
b.
Melayani konsumen
c.
Merakit printer
|
|
57
|
Senin
11-05-2015
|
-
|
a.
Kerja bakti (bersih-bersih)
b.
Melayani konsumen
|
|
58
|
Selasa
12-05-2015
|
Lantai
atas ASAKOM
|
a.
Test ujian tertulis
|
|
0 Response to "Contoh Laporan PKL"
Posting Komentar