Contoh Laporan PKL

LEMBAR PENGESAHAN


Laporan ini diperiksa dan disahkan
Pada tanggal 12 Mei 2015




Pembimbing Praktek





Saban









Mengetahui :
Pimpinan Perusahaan ASAKOM CARITA
Kabupaten Pandeglang


                                                                                                            



Anang Pangestu







LEMBAR PENGESAHAN


Laporan ini diperiksa dan disahkan
Pada tanggal 12 Mei 2015






Ketua Program Keahlian                                                      Pembimbing
            Teknik Komputer Jaringan





 Muhamad Abduh, S.Kom                                           Ismatur Rodiah, M.Pd








Mengetahui/Menyetujui
Kepala SMK Negeri 9 Pandeglang





Alwi, S.Pd
NIP. 19550807 198203 1017






KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan di ASAKOM CARITA. Tujuan dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional (UN) di SMK Negeri 9 Pandeglang Tahun Pelajaran 2014/2015. Laporan ini disusun berdasarkan data yang sesungguhnya yang penulis dapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di ASAKOM CARITA Kabupaten Pandeglang.
Penulis menyadari bahwa, dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Bapak Alwi, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Pandeglang.
2.      Bapak Siswanto Tirto Asmoyo, S.E, selaku Ketua Pelaksana Prakerin.
3.      Bapak Muhamad Abduh, S.Kom, selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer Jaringan.
4.      Ibu Ismatur Rodiah, M.Pd, selaku pembimbing dari SMK Negeri 9 Pandeglang.
5.      Bapak Anang Pangestu, selaku Kepala Perusahaan ASAKOM CARITA Kabupaten Pandeglang.
6.      Bapak Saban, selaku pembimbing dari ASAKOM CARITA Kabupaten Pandeglang
7.      Seluruh staf dan karyawan yang telah menerima, membantu dan memberikan bimbingan selama kegiatan Praktek Kerja Lapangan berlangsung yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
8.      Kedua orang tua dan saudara saya yang telah mendukung dan memberikan do’a restu.
9.      Pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, atas dukungan dan do’a restu yang berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Penulis menyadari bahwa, penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Harapan dari penulis semoga laporan yang memuat pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Negeri 9 Pandeglang.


Pandeglang, 12 Mei 2015



DAFTAR ISI


LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH........................................................................... ii
KATA PENGANTAR........................................................................................................ iii
DAFTAR ISI...................................................................................................................... iv

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang........................................................................................................ 1
1.2  Tujuan Praktek Kerja Lapangan.............................................................................. 1
1.3  Sasaran Pokok Praktek Kerja Lapangan.................................................................. 2
1.4  Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan............................................. 2
1.5  Metode Pengumpulan Data..................................................................................... 2
1.6  Sistematika Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan........................................ 3

BAB II PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
2.1  Gambaran Umum Perusahaan/Instansi.................................................................... 4
2.1.1 Sejarah ASAKOM CARITA......................................................................... 4
2.2  Keorganisasian......................................................................................................... 5
2.3  Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan...................................... 6
2.4  Kompetensi Yang Diajarkan................................................................................... 6
2.4.1        Instalasi Sistem Operasi............................................................................... 6
2.4.2        Instalasi Driver............................................................................................ 7
2.4.3        Perakitan...................................................................................................... 7
2.4.4        Mendiagnosis............................................................................................... 8
2.4.5        Pelayanan/Jasa............................................................................................. 8
2.5  Pembahasan PKL.................................................................................................... 8
2.5.1 Prosedur Pekerjaan......................................................................................... 8
2.6  Masalah Yang Dihadapi Dan Penanganan Masalah................................................ 9
2.6.1        Masalah Yang Di Hadapi............................................................................ 9
2.6.2        Penanganan Masalah................................................................................... 9

BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan.............................................................................................................. 10
3.2  Saran........................................................................................................................ 10

LAMPIRAN-LAMPIRAN
Identitas Perusahaan................................................................................................ 12
Identitas Siswa PKL............................................................................................... 13
Dokumentasi............................................................................................................ 14
Jurnal Kegiatan Siswa Tempat Praktek................................................................... 15


BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang Praktek Kerja  Lapangan
Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja, karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak Dunia Usaha/Industri. Oleh karena itu, perlu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki Dunia Usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional, karena profesionalisme seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik kerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan bekerja yang baik. Ada dua pihak yaitu Lembaga Pendidikan dan Lapangan Pekerja (Industri/Perusahaan atau Instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian, kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa.

1.2Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Praktek Kerja Lapangan (PKL) suatu sistem pembelajaran yang dilakukan diluar Proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada Perusahaan/Industri atau Instansi yang relevan.
Secara umum, pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang Perusahaan/Instansi dan kegiatan-kegiatan praktek lainnya yang berhubungan langsung dengan teknologi dan mempersiapkan siswa untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
            Penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada SMK bertujuan untuk :
a.       Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan;
b.      Memperoleh link dan match antara SMK dan dunia kerja;
c.       Meningkatkan efektivitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas;
d.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.


1.3Sasaran Pokok Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Melihat kenyataan tersebut, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan menetapkan strategi operasional yang berdasarkan pada kebijakan “link dan match“ (kesesuaian dan kesepadanan) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam model penyelenggaraan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Pelaksanaan program ini sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 1992 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Kepmendikbud Nomor : 080/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan dan Kepmendikbud Nomor : 080/U/1993 tentang Kurikulum SMK.

1.4Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, bertanggung jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan dilapangan dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama melaksanakan PKL. Tujuan dari pembuatan laporan ini antara lain adalah :
a.       Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL);
b.      Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan sekolah kepada para siswa sehubung dengan pelaksanaan PKL;
c.       Menambah perbendaharaan perpustakaan sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya;
d.      Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan;
e.       Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang dilakukan di Dunia Usaha/Industri atau Instansi;
f.        Sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN).

1.5Metode Pengumpulan Data
Metode untuk mendapatkan data-data dibutuhkan dalam penyusunan laporan ini dengan mengambil metode wawancara.
Metode ini merupakan metode yang paling efektif dalam mengumpulkan data-data yang diperlukan. Dengan metode ini, penulis dapat secara langsung melakukan wawancara dengan pembimbing dan pegawai. Data-data yang diperoleh dengan metode ini antara lain :
a.       Gambaran umum Perusahaan/Intansi;
b.      Struktur Organisasi Perusahaan/Instansi;
c.       Bidang Usaha/Lingkup Pekerjaan;
d.      Inventarisasi tentang sarana dan prasarana pendukung kegiatan ditempat PKL.

1.6Sistematika Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Sistematika penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini terdiri dari 3 (tiga) BAB dengan perincian sebagai berikut :

BAB I              : Pendahuluan
BAB ini akan membahas Latar Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Sasaran Pokok Praktek Kerja Lapangan (PKL), Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Metode Pengumpulan Data dan Sistematika Punilsan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

BAB II             : Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Pada BAB ini membahas gambaran umum ASAKOM CARITA Kabupaten Pandeglang, Waktu dan Tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Kompetensi yang di ajarkan, Pembahasan PKL dan Masalah yang dihadapi serta penanganan masalah.
BAB III            : Penutup
BAB ini berisikan tentang Kesimpulan dan Saran selama pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini.


















BAB II
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

2.1Gambaran umum ASAKOM CARITA
2.1.1     Sejarah ASAKOM CARITA
Pada awalnya ASAKOM di dirikan di kota Tanggerang pada tahun 2006, dalam perjalanan waktu tepatnya pada bulan April tahun 2007, terjadilah transaksi pembelian rumah/toko meubel yang kemudian tinggal disana dan merintis usaha dari awal.
ASAKOM sendiri baru  beroperasi pada bulan Agustus pada tahun yang sama yaitu tahun 2007, dengan jadwal toko  yang terbilang langka yaitu buka 3 hari perminggu (jum’at, sabtu, minggu) dan libur 4 hari, (senin, selasa, rabu, dan kamis). Dan ini berjalan kurang lebih dari satu tahun pada tahun 2009 ASAKOM mulai buka 4 hari dan libur  3 hari dalam seminggu, dan terakhir pada tahun 2010 bulan Januari sampai sekarang ASAKOM buka setiap hari dan jum’at libur.
ASAKOM CARITA adalah sebuah toko kecil dengan menjual berbagai jenis kebutuhan seperti komputer, prabot rumah tangga, pakaian, kue dan tanaman hias. Yang pada akhirnya hanya melayani komputer, laptop, asesoris dan prabot rumah tangga (Asaglas).  
ASAKOM CARITA terbentuk dari usaha sederhana sepasang suami istri yang mencoba mandiri dengan konsep melayani dengan hati  jujur dan apa adanya. Dan ini bukan tanpa rintangan dan tantangan yang mudah dilalui.
ASAKOM CARITA berasal dari sebuah nama yang tergabungan dari nama suami istri yang berarti ASA ( Anang/Anggi dan Sayang) Anang Sayang Anggi  ataupun Anggi Sayang Anang dan Kom itu sendiri berarti Komputer/Kompak. Dengan moto ini diharapkan menjadi kekuatan dan semangat yang selalu menjadi warna dalam usaha kecilnya.














2.2Keorganisasian


BAGAN STRUKTUR ORGANISASI
ASAKOM CARITA
Pimpinan

Anang Pangestu
Pendataan
Penjualan
Servis
Wiwin
Nining
Mastiah
Purwati
Saeful
Fitri
Proyektor

Hadi
Software

Saban
Laptop/Printer

Deden
Rasad
 







































2.3Waktu dan Tempat  pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan selama 2 (dua) bulan yang dimulai pada tanggal 16 Maret 2015 dan berakhir pada tanggal 12 Mei 2015 bertempat di ASAKOM CARITA (Jl.Raya Carita Km.7 Carita – Pandeglang – Banten).
Hari kerja praktek dari hari Senin sampai Minggu terkecuali hari Jum’at libur dengan jam praktek dimulai pada pukul 08.00 WIB s/d 16.30 WIB kecuali hari Kamis sampai dengan pukul 13.00 WIB. Waktu istirahat mulai pukul 11.00 WIB s/d 12.00 WIB atau 12.00 WIB s/d 13.00 WIB setiap harinya.

2.4Kompetensi yang diajarkan
Adapun kompetensi yang diajarkan di ASAKOM CARITA adalah sebagai berikut :

2.4.1     Instalasi Sistem Operasi
Instalasi Windows XP,Instalasi Windows 7 dan Instalasi Windows 8.
Salah satu contoh langkah-langkah dalam menginstal windows 7 yaitu sebagai berikut :
a.       Sediakan bahan dan alat untuk melakukan instalasi khususnya PC/Laptop dan DVD Masternya;
b.      Hidupkan PC/Laptopnya, lalu masukan DVD Master ke DVD ROM;
c.       Sebelum dalam proses intalasi lakukan setting BIOS dengan menekan F2;
d.      Jika sudah masuk ke menu BIOS setting bootingnya;
e.       Booting pertama itu adalah DVD ROM, booting kedua adalah Harddisk, dan booting ketiga itu boleh Disable atau pilih Floppy;
f.        Jika sudah melakukan setting booting tekan F10, lalu enter;
g.       Jika dalam tampilan layar monitor terdapat perintah “Press Any Key” maka tekan tombol sembarang/tombol apapun pada keyboard;
h.      Kemudian sistem akan membaca DVDnya;
i.         Pada tampilan windows, tekan “Instal now”;
j.         Pada tampilan berikutnya terdapat pemilihan bahasa, zona waktu, dan papan pengetikan keyboard, pilih next jika sudah ditentukan;
k.       Jika dalam suatu tampilan terdapat pemilihan Sistem Operasinya, maka pilih Sistem Operasi apa yang kita pakai di saat penginstalan tersebut. Contoh jika menggunakan  DVD Masternya Windows 7 Pro 32-bit, maka pilih yang Windows 7 Pro 32-bit juga, begitupun yang lainnya;
l.         Jika sudah ditentukan, lalu tekan next. Kemudian akan muncul pembagian partisi;
m.    Jika PC/Laptopnya masih baru maka hapus semua partisinya dan jika sudah pernah dipakai atau terdapat data-data, format local C: (sistem) saja, dengan syarat data yang terdapat pada sistem sudah di back up ke local D: (data);
n.      Jika baru membuat partisi, usahakan semua localnya di format terlebih dahulu agar dalam penyalinan data tidak terganggu (lambat);
o.      Jika semua sudah di format maka pilih next. Tunggu sampai proses penyalinan data selesai;
p.      Jika proses sudah selesai tunggu saja sampai program merestart sendiri dan akan menampilkan tampilan layar desktop windows 7;
q.      Jika sudah tampil maka proses instalasi selesai hanya tinggal menginstal aplikasi-aplikasinya saja.

2.4.2     Instalasi Driver
Instalasi Driver CPU, Instalasi Driver Laptop/Notebook dan Instalasi Driver Printer.
Salah satu contoh langkah-langkah menginstal driver pada PC/Laptop/Notebook adalah sebagai berikut :
a.       Pertama sediakan dulu aplikasi Driver Packnya;
b.      Lalu instal aplikasi tersebut. Jika sudah terinstal di PC/Laptop/Notebook, maka buka aplikasi Driver Pack itu;
c.       Jika sudah buka, Driver Pack akan secara otomatis mengscan driver apa saja yang belum terinstal pada PC/Laptop/Notebook tersebut;
d.      Pilih instal, lalu pilihlah driver apa saja yang ingin di instal;
e.       Jika sudah di pilih, hapus centang yang “membuat restore point”;
f.        Klik mulai pemasangan. Kemudian tunggu sampai proses pemasangan selesai;
g.       Jika sudah selesai, restart PC/Laptop/Notebooknya;
h.      Jika sudah merestart cek drivernya dengan cara :
1)     Klik start;
2)     Pilih my computer/computer;
3)     Klik kanan pada my computer/computer;
4)     Lalu pilih properties;
5)     Pilih device manager. Jika dalam windows xp terdapat di menu hardware;
6)     Kemudian akan muncul tampilannya;
7)     Jika dalam tampilan terdapat yang bertanda seru (!) atau tanda tanya (?) berarti drivernya belum terinstal. Jika tidak ada berarti drivernya sudah terinstal semuanya.

2.4.3     Perakitan
Merakit CPU, Merakit Proyektor dan Merakit Printer.
Salah satu contoh cara Merakit CPU adalah sebagai berikut :
a.       Sediakan alat dan bahan yang diperlukan dalam merakit CPU terutama obeng (-) dan obeng (+);
b.      Buka penutup cashing CPU, lalu cabut semua kabel power yang terpasang pada komponen-komponen PC;
c.       Sisihkan dulu kabelnya agar dalam pelepasan motherboard tidak sulit;
d.      Buka baud pengencang Harddisk, lalu lepaskan dari cashing CPU;
e.       Kemudian buka baud  motherboard, lalu lepaskan dari cashing CPU;
f.        Jika harddisk dan motherboard sudah terlepas dari CPU, maka buka baud pada power supply, lalu lepaskan dari cashing CPU;
g.       Lalu buka CD/DVD ROM dari depan cashing;
h.      Jika semuanya sudah dilepas maka pembongkaran selesai;
i.         Hal yang pertama dimasukan itu power supply terlebih dahulu;
j.         Masukan power supply, lalu kencangkan baud power supplynya;
k.       Kemudian pasang CD/DVD ROM dari depan cashing juga;
l.         Kemudian pasang motherboardnya dengan hati-hati. Jika tidak ingin sulit memasangkan kabel panel pada motherboard, sebelum dipasang, pasangkan terlebih dahulu kabel panel tersebut ke motherboard. Kemudian baru pasang ke CPU;
m.    Kencangkan motherboard dengan baud. Kemudian pasang harddisk dengan hati-hati, lalu kencangkan dengan baud;
n.      Pasang semua kabel power pada komponen-komponen PC;
o.      Lalu test terlebih dahulu apa perakitan CPUnya berhasil atau tidak;
p.      Jika sudah berhasil, baru tutup cashingnya dengan penutup cashing kemudian kencangkan dengan baud, selesai.

2.4.4     Mendiagnosis
Mendiagnosis Motherboard, Mendiagnosis CPU, Mendiagnosis Proyektor, Mendiagnosis Laptop/Notebook dan Mendiagnosis Printer.
2.4.5     Pelayanan/Jasa
Melayani konsumen dan penjualan.



2.5Pembahasan PKL
2.5.1     Prosedur pekerjaan
Ø  Menginstal sistem operasi
Ø  Menginstal driver
Ø  Mendiagnosis
Ø  Merakit
Ø  Pelayanan/Jasa





2.6Masalah yang dihadapi dan Penanganan masalah
2.6.1     Masalah yang dihadapi
Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di ASAKOM CARITA penulis menemukan beberapa masalah yang dihadapi, diantaranya :
a.       Ketidaksamaan antara teori yang diajarkan di sekolah dengan teori yang diterapkan di ASAKOM CARITA;
b.      Adanya teori/praktek yang belum diberikan di sekolah;
c.       Penggunaan sarana dan prasarana yang belum dikenal.

2.6.2     Penanganan masalah
Penanganan masalah-masalah tersebut diatasi dengan meminta penjelasan dan petunjuk terhadap instruktur atau pegawai yang menangani bidang tersebut, sehingga masalah demi masalah yang dihadapi penulis dapat terselesaikan dengan baik.




























BAB III
PENUTUP

3.1Kesimpulan
a.       Kegiatan PKL yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi siswa-siswi khususnya siswa-siswi SMK Negeri 9 Pandeglang karena dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa-siswi dituntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain,  sehingga siswa-siswi diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
b.      Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan diluar jam sekolah yaitu bekerja sama atau mengabdi terhadap Instansi Pemerintah, sehingga siswa-siswi mampu bergaul dan bekerja sama dengan orang diluar lingkungan sekolahnya.
c.       Praktek Kerja Lapangan (PKL) dapat menunjang siswa-siswi untuk menjadi tenaga kerja menengah yang profesional dalam bidangnya dan mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu, lulusan SMK akan mempunyai sikap dan bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkannya setelah terjun di Dunia Usaha Kerja.
d.      Mengenai tempat praktek, sarana dan prasarana yang ada di ASAKOM CARITA cukup memadai bagi para pegawai dan para pelaksana prakerin sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik.

3.2Saran
a.       Bagi sekolah
§  Dalam pembelajaran, teori-teori/praktek yang diberikan kepada siswa-siswi harus sama atau searah dengan apa yang diterapkan di Perusahaan/Instansi sehingga siswa-siswi dapat mengerjakan tugas ditempat praktek dengan mudah, khususnya dalam sarana dan prasarananya harus segera dilengkapi.
b.      Bagi perusahaan tempat praktek
§  Pembekelan teori-teori yang mungkin belum tersampaikan di sekolah agar dijelaskan dengan seksama agar Siswa/Siswi dapat membantu kelancaran tugas atau pekerjaannya.


Demikian laporan Praktek Kerja Lapangan ini penulis sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, khususnya siswa-siswi SMK Negeri 9 Pandeglang.

































Identitas Dunia Usaha/Industri/Lembaga



1.      Nama Perusahaan/Industry/Lembaga      : ASAKOM CARITA

2.      Jenis Usaha/Bidang Usaha                           : Penjualan komputer, laptop, dll.                                                                       

3.      Alamat                                                            : Jl.Raya Carita km.7 Carita-Labuan
Telp. 087880908900
Kec. Carita
Kab./Kota Pandeglang
4.      Nama Pimpinan/Direktur                            : Anang Pangestu

5.      Nama Pembimbing DU/DI                           : Saban


























Identitas Siswa PKL


1.      Nama Siswa                           : Munir

2.      Nomor Induk                         : 2013040053

3.      Program Keahlian                 : Teknik Komputer Jaringan

4.      Tempat Tanggal Lahir          : Pandeglang, 23 Maret 1997

5.      Kelas/Tingkat                        : XI (Sebelas)

6.      Jenis Kelamin                         : Laki-laki

7.      Golongan Darah                    : -

8.      Alamat                                    : Kp.Angsana

RT. 06 RW. 02 Telp. 087741138657

Ds/Kel Rahayu

Kec. Patia

Kab/Kota Pandeglang
9.      Catatan Kesehatan                : -














Dokumentasi








JURNAL KEGIATAN SISWA
TEMPAT PRAKTEK/UNIT/BAGIAN


A.     Jurnal kegiatan Munir

NO
HARI/TANGGAL
DEVINISI/BAG/TEMPAT KEG
LAPORAN
KEGIATAN
KETERANGAN
1
Senin
16-03-2015
Service
a.       Perkenalan dengan Karyawan
b.      Instal driver
c.       Instal windows xp
d.      Instal windows 7

2
Selasa
17-03-2015
Asaglas
a.       Melayani konsumen
b.      Penjualan
c.       Diskusi


3
Rabu
18-03-2015
Asaglas
a.       Penjualan
b.      Melayani konsumen

4
Kamis
19-03-2015
Asaglas
a.       Penjualan
b.      Melayani konsumen

5
Jum’at
20-03-2015
-
-
Libur
6
Sabtu
21-03-2015
Service
a.       Instal driver
b.      Instal windows 7
c.       Instal aplikasi
d.      Mendiagnosis CPU

7
Minggu
22-03-2015
Service
-
Izin
8
Senin
23-03-2015
Service
a.       Instal driver
b.      Instal aplikasi
c.       Instal windows xp
d.      Instal windows 7
e.       Mendiagnosis

9
Selasa
24-03-2015
Service
a.       Instal windows 8
b.      Instal windows 7
c.       Instal aplikasi
d.      Instal driver
e.       Mendiagnosis

10
Rabu
25-03-2015
Service
-
Izin
11
Kamis
26-03-2015
Service
a.       Mendiagnosis
b.      Instal aplikasi
c.       Instal windows 7
d.      Instal windows 8
e.       Instal driver

12
Jum’at
27-03-2015
-
-
Libur
13
Sabtu
28-03-2015
Bunda Agi
a.       Membawa dan merapikan barang-barang baru
b.      Penjualan
c.       Melayani konsumen

14
Minggu
29-03-2015
Bunda Agi
a.       Merapikan barang-barang
b.      Menulis harga dan kode barang
c.       Penjualan
d.      Melayani konsumen

15
Senin
30-03-2015
Bunda Agi
a.       Menulis harga dan kode barang
b.      Penjualan
c.       Melayani konsumen

16
Selasa
31-03-2015
Bunda Agi
a.       Penjualan
b.      Melayani konsumen

17
Rabu
01-04-2015
Bunda Agi
a.       Penjualan
b.      Melayani konsumen

18
Kamis
02-04-2015
Bunda Agi
a.       Penjualan
b.      Melayani konsumen

19
Jum’at
03-04-2015
-
-
Libur
20
Sabtu
04-04-2015
Bongkar
a.       Merakit proyektor
b.      Service proyektor

21
Minggu
05-04-2015
Bongkar
a.       Merakit proyektor
b.      Service proyekor

22
Senin
06-04-2015
Bongkar
a.       Merakit proyektor
b.      Merakit CPU

23
Selasa
07-04-2015
Bongkar
a.       Service motherboard
b.      Merakit proyektor
c.       Mensolder

24
Rabu
08-04-2015
Bongkar
a.       Merakit proyektor
b.      Mensolder
c.       Mendiagnosis proyektor
d.      Mendiagnosis CPU

25
Kamis
09-04-2015
Bongkar
a.       Merakit proyektor

26
Jum’at
10-04-2015
-
-
Libur
27
Sabtu
11-04-2015
Service
a.       Merakit CPU
b.      Instal windows xp
c.       Instal driver
d.      Instal windows 8

28
Minggu
12-04-2015
Service
a.       Mendiagnosis CPU
b.      Instal windows 7
c.       Instal aplikasi

29
Senin
13-04-2015
Service
a.       Mendiagnosis CPU

30
Selasa
14-04-2015
Service
a.       Mendiagnosis CPU
b.      Instal aplikasi
c.       Instal driver modem

31
Rabu
15-04-2015
Service
a.       Instal windows 8
b.      Instal aplikasi
c.       Menulis nota barang

32
Kamis
16-04-2015
Service
a.       Mendiagnosis CPU
b.      Melayani konsumen
c.       Menulis harga barang

33
Jum’at
17-04-2015
-
-
Libur
34
Sabtu
18-04-2015
Penjualan
a.       Melayani konsumen
b.      Instal Microsoft Office 2007

35
Minggu
19-04-2015
Penjualan
a.       Melayani konsumen
b.      Instal aplikasi
c.       Instal modem

36
Senin
20-04-2015
Penjualan
a.       Melayani konsumen
b.      Penjualan

37
Selasa
21-04-2015
Penjualan
a.       Melayani konsumen
b.      Menyampaikan tips pemakaian modem pada konsumen
c.       Membuat kabel straight
d.      Mensetting  modem

38
Rabu
22-04-2015
Penjualan
a.       Melayani konsumen
b.      Mempacking barang
c.       Membuat nota

39
Kamis
23-04-2015
Penjualan
a.       Membuat nota
b.      Melayani konsumen

40
Jum’at
24-04-2015
-
-
Libur
41
Sabtu
25-04-2015
Asaglas
-
Banjir
42
Minggu
26-04-2015
Asaglas
-
Banjir
43
Senin
27-04-2015
Asaglas
a.       Melayani konsumen
b.      Penjualan

44
Selasa
28-04-2015
Asaglas
a.       Melayani konsumen
b.      Penjualan
c.       Instal antivirus

45
Rabu
29-04-2015
Asaglas
a.       Melayani konsumen
b.      Penjualan

46
Kamis
30-04-2015
Asaglas
a.       Mempacking parsel
b.      Melayani konsumen

47
Jum’at
01-05-2015
-
-
Libur
48
Sabtu
02-05-2015
Bongkar
a.       Merakit CPU
b.      Mendiagnosis CPU
c.       Mendiagnosis motherboard

49
Minggu
03-05-2015
Bongkar
a.       Merakit proyektor
b.      Merakit CPU
c.       Mendiagnosis CPU
d.      Mendiagnosis power supply

50
Senin
04-05-2015
Bongkar
a.       Merakit CPU
b.      Mengecek CMOS
c.       Pengecekan proyektor
d.      Membongkar power supply

51
Selasa
05-05-2015
Bongkar
a.       Mendiagnosis motherboard
b.      Merakit CPU Dial-Up
c.       Mendiagnosis CPU
d.      Merakit CPU

52
Rabu
06-05-2015
Bongkar
a.       Mendiagnosis motherboard
b.      Instal windows 7

53
Kamis
07-05-2015
Bongkar
a.       Pengecekan proyektor
b.      Merakit proyektor
c.       Melayani konsumen

54
Jumat
08-05-2015
-
-
Libur
55
Sabtu
09-05-2015
Penjualan
a.       Melayani konsumen
b.      Instal driver printer
c.       Setting modem

56
Minggu
10-05-2015
Penjualan
a.       Instal windows 7
b.      Melayani konsumen
c.       Merakit printer

57
Senin
11-05-2015
-
a.       Kerja bakti (bersih-bersih)
b.      Melayani konsumen

58
Selasa
12-05-2015
Lantai atas ASAKOM
a.       Test ujian tertulis






Related Posts :

0 Response to "Contoh Laporan PKL"

Posting Komentar

wdcfawqafwef